RPP Bahasa Inggris Text Descriptive SMP Kelas VII semester 2 - Pada postingan saya mencoba menulis contoh RPP Bahasa Inggris teks deskriptif untuk SMP Kelas VII semester 2 untuk aspek/skill Menulis. RPP ini adalah salah satu tugas kuliah yang di berikan oleh dosen saya, semoga bermanfat buat para pembaca. Jangan lupa kasih comment ya :D
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Pertama
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VII/2
Jenis Teks : Descriptive
Keterampilan : Menulis
Alokasi Waktu : 2 x 40 Menit
A. Standar Kompetensi
12. Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan esai pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
B. Kompetensi Dasar
12.2. Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esai pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkunguan terdekat dalam teks berbentuk descriptive/ procedur.
C. Indikator
- Melengkapi teks deskriptif dengan 5 rumpang
- Menulis teks deskriptif berdasarkan gambar dan kata kunci yang disajikan dengan runtut dan benar.
D. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran, peserta didik dapat dengan cermat, cepat dan tepat:
1. melengkapi rumpang dalam teks descriptif dengan cermat
2. menulis teks deskriptif sederhana berdasarkan gambar dan kata kunci yang disediakan
E. Materi Ajar
- Model Teks monolog berbentuk deskriptif tentang berbagai orang
- Unsur bahasa terkait teks:verbs, vocabularies, pronouns
- Langkah retorika terkait teks; identification, descriptions
F. Metode
- Teacher voice : Siswa mendengarkan jenis teks deskriptive yang di bacakan oleh guru, kemudian siswa menulis kata kata yang tidak di pahami.
- Think pair share
G. Langkah-langkahpembelajaran
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Note
|
1.
|
Pendahuluan
- Greeting (Salam dan Tegur sapa)
- Checking attendance
- Prayer
|
10 menit
|
|
2.
|
Kegiatan inti:
1. Presentation
Ø Menjelaskan tentang pengertian dan genetic structure teks deskriptif.
Ø Mendengarkan dan merespon dengan cermat introduction tentang penulisan teks monolog deskriptif .
Ø Memperhatikan dengan seksama penjelasan tentang kosakata dan tatabahasa yang berkaitan dengan penulisan teks monolog deskriptif .
Ø Membaca teks deskriptif dan mengidentifikasi langkah retorika dengan cermat.
2. Practice
Ø Menulis frasa-frasa, kalimat-kalimat yang diperlukan untuk menulis teks deskriptif berdasarkan gambar dan kata kunci yang disediakan.
Ø Mengkomunikasikan pekerjaan kepada guru
Ø Mereview pekerjaan sesuai masukan dari guru
Ø Melengkapi teks rumpang dalam teks Deskriptif dengan menggunakan kata yang tepat
3. Production
Ø Menyusun kalimat acak menjadi paragraf yang padu secara mandiri
Ø Menulis draft teks deskriptif berdasarkan gambar yang disajikan
Ø Mengkomunikasikan draft yang dibuat kepada guru dan mereviewnya
Ø Mengembangkan draft menjadi teks deskriptif dengan struktur teks yang benar.
|
60 menit
|
|
4.
|
Ø Summarizing (Membuat kesimpulan )
Ø Reflection( menanyakan kesulitan siswa, manfaat, kesan selama PBM)
Ø Further guidance: ( PR, membaca teks deskriptif lainnya di rumah,dan menjawab pertanyaan tentang berbagai informasi yang terdapat dalam teks tsb)
Ø Menginformasikan topik pertemuan berikutnya
|
10 menit
|
|
H. Penilaian
1. Bentuk
dan Tehnik
No
|
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh
|
1.
2.
|
Tes Tulis
Tes Tulis
|
Melengkapi
Esai
|
Lampiran 1
Lampiran2
|
I. Sumber Belajar
1. Buku
2. Internet
Lampiran
1
Fill in the blank
I have a lovely cat
called Manis. He is very cute and (1)........ . Monie is (2)........ and full colour. His
hair has three colours; black, white and yellow. The black fur is on his body,
white is on his tail and legs, and the yellow one is around his stomach, face
and neck. Every day I give him some (3)......... and drink. He likes rice and
fish. I also give him some (4)......... . It makes him stay healthy. Monie has (5)........... behavior. He never
steals food. My family and I love him very much.
Lampiran 2
Write down a simple descriptive text based on the picture
provided.
This is my father
______________________________________
______________________________________
______________________________________
______________________________________
______________________________________